Tuesday 26 March 2013

TEORI KOGNITIVISME DAN IMPLEMENTASINYA



PEMBAHASAN
A.    Pengertian Teori Kognitif
Pengertian teori adalah sebuah upaya menjelaskan beberapa aspek proses.
Menurut sebagian para ahli berpendapat bahwa teori belajar kognitivisme adalah tingkah laku seseorang untuk mengenal atau memikirkan situasi tempat tingkah laku itu terjadi. Pengertian lain tentang teori kognitif adalah teori-teori yang menitikberatkan proses-proses sentral (misalnya : sikap, ide, harapan) untuk menerangkan tingkah laku. Seorang guru diharuskan memiliki kompetensi bidang kognitif. Artinya seorang guru harus memiliki kemampuan intelektual, seperti penguasaan materi pelajaran, pengetahuan mengenai cara mengajar, pengetahuan cara menilai siswa dan sebagainya.
B.     Tokoh dan Teori Kognitif
a.      Teori Kognitif Gestalt
Peletak dasar teori gestalt adalah Merx Wertheimer (1880-1943), diikuti oleh Kurt Koffka (1886-1941) yang berpendapat bahwa tingkat kejelasan dan keberartian dari apa yang diamati dalam situasi belajar adalah lebih meningkatkan kemampuan belajar seseorang.
b.      Teori Belajar Cognitive-field dari Lewin
Kurt Lewin (1892-1947) mengembangkan suatu teori belajar kognitivfield dengan menaruh perhatian kepada kepribadian psikologi sosial.
c.       Teori Belajar Kognitive Developmental dari Piaget
Dalam teorinya Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktifitas gradual dari fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak.
d.      Jerome Bruner dengan Discovery Learningnya
Dasar ide J. Bruner ialah pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperan secara aktif di dalam proses belajar dikelas. Biarkan murid menemukan arti bagi diri mereka sendiri dan memungkinkan mereka mempelajari konsep-konsep didalam bahasa yang mereka mengerti.[1]


e.       Teori Belajar Piaget
Menurut Piaget, setiap anak mengembangkan kemampuan berpikirnya menurut tahap yang teratur. Dan Piaget membagi tahapan perkembangan keampuan kognitif anak menjadi empat tahap yang didasarkan usia anak tersebut.
1.      Tahap sensori motor (dari lahir sampai kurang lebih umur dua tahun)
2.      Tahap pra-operasional (kurang lebih umur dua tahun sampai tujuh tahun)
3.      Tahap operasi konkret (kurang lebih tujuh sampai sebelas tahun)
4.      Tahap operasi formal (kurang lebih umur sebelas tahun sampai lima belas tahun)
Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu kognitif berbeda dengan teori behavioristik, yang lebih menekankan pada aspek kemampuan perilaku yang diwujudkan dengan cara kemampuan merespons terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.
C.     Perbedaan Teori Kognitif dengan Teori Behaviorisme
1.      Behaviorisme berkaitan dengan pembiasaan (conditioning) yang klasik dan banyak mempelajari proses belajar. Teori-teori kognitif di lain pihak lebih banyak mempelajari pembentukan konsep, berpikir, dan membangun pengetahuan.
2.      Behaviorisme mempelajari perilaku-perilaku yang nampak mata, sedangkan teori-teori kognitif membicarakan konsep mentalistik.
3.      Analisis Behaviorisme adalah tingkah laku, sedangkan analisis kognitif adalah keseluruhan.
D.    Istilah-istilah Dasar dalam Teori Kognitif
a.       Menurut Scheerer (1954, hlm. 49) :
Kognisi adalah proses sentral yang menghubungkan peristiwa-peristiwa di luar (external) dan di dalam (internal) diri sendiri.
b.      Menurut Festinger (1957) :
Kognisi adalah elemen-elemen kognitif atau hal-hal yang diketahui oleh seseorang tentang dirinya sendiri, baik itu tentang tingkah lakunya maupun tentang keadaan disekitarnya.



c.       Menurut Neisser (1967) :
Kognisi adalah proses yang mengubah, mereduksi, memperinci, menyimpan, mengungkapkan dan memakai setiap masukan (input) yang datang dari alat indera.

DAFTAR PUSTAKA

Nasrudin Endin, 2010, Psikologi Manajemen, Bandung: CV Pustaka Setia
Wirawan Sarlito, 2000, Teori-teori Psikologi Sosial, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada



[1] Oemar Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, 2004, Bandung, hlm.49.

No comments:

Post a Comment